Menginstall TV Tuner Di Linux

Malam Hari:

Horee piala dunia, 9 juni sampai 9 juli. Surga bagi penggila bola, Tapi sayang nggak punya TV. Gimana Yaa……., Nonton rumah teman ndak enak masak jam tidur diganggu. Ooo iya pinjam Tv tuner teman yang tidak dipake aja.

Keesokan hari:

He..he..he akhirnya dapat TV Tuner. Saatnya beraksi. Pasang tv tuner ke komputer trus bangunin teman sekamar yang sekaligus fans setiaku “Fuad The Bordeaux”.

Aku :“Ad bangun ” temenmu nih “fuad”

Fuad The Bordeaux :Alah, dah kenal

Aku : Gimana TV Tunernya dah bisa belum?

Fuad The Bordeaux :Tak Cek dulu, bentar aku panggilin “tv time”

Fuad The Bordeaux :“Tvtime sini!” dah ada gambar belum?

TVTime : Nggak ada, malah /dev/video0nya ndak ketemu.

Fuad The Bordeaux :Payah,

Fuad The Bordeaux :Sorry boss nggak ada, drivernya belum keinstall.

Aku :Mmmmm kok bisa ya , coba

/sbin/lspci”

Fuad The Bordeaux :

00:08.0 Multimedia video controller: Brooktree Corporation Bt878 Video Capture (rev 11)

00:08.1 Multimedia controller: Brooktree Corporation Bt878 Audio Capture (rev 11) UniChrome] Integrated Video (rev 01)

Aku :Ok . Tv Tunernya berarti sudah terdeteksi cuman driver yang cocok belum terinstall

Aku :Coba liat modul bttvnya dah ada belum, Ad “/sbin/lsmod | grep bttv”

Fuad The Bordeaux : Bttvnya ada kok ndak kosong. Nih hasilnya

ttv 166965 1 bt878

video_buf 21317 1 bttv

compat_ioctl32 1473 1 bttv

i2c_algo_bit 8393 1 bttv

v4l2_common 7745 2 tuner,bttv

btcx_risc 4809 1 bttv

ir_common 9413 1 bttv

tveeprom 13905 1 bttv

videodev 9409 1 bttv

i2c_core 20673 6 tuner,tvaudio,bttv,i2c_algo_bit,tveeprom,i2c_viapro

Aku : Oke saatnya beraksi

Fuad The Bordeaux : Ok, boss

Aku: : Bersihin dulu modul yang lama

“/sbin/rmmod bttv”

Fuad The Bordeaux : Nggak bisa bos, ERROR: Module bttv is in use by bt878

Aku : Ya udah bersihin juga by878nya

“/sbin/rmmod bt878”

Fuad The Bordeaux: Ok, siip No Error

Aku : Sekarang “/sbin/rmmod bttv” “/sbin/rmmod tuner”

Fuad The Bordeaux : Banyak amat boss, nggak sabaran ya?

Aku : Emang Napa, kamu ndak bisa?

Fuad The Bordeaux : Bisa lah. Ntar siip. Berhasil

Aku : Sekarang kita install drivernya

“/sbin/modprobe bttv

card=70 tuner=40 radio=1”

Fuad The Bordeaux : Ntar dulu boss, masak aku dari tadi didoktrin terus,jelasin dulu lah gunanya apa?

Aku : Ok, perintah “/sbin/modrobe” itu gunanya memasukkan modul “bttv” ke dalam kernel Linux.

Fuad The Bordeaux : Ooo, begitu kok ada card, tuner, sama radio?

Aku : Bentar to, belum juga selesai dijelasin dah motong aja.

opsi “card” itu menunjukkan jenis kartu tv tuner yang kita punya. “tuner” menunjukkan jenis tuner yang dimiliki tv tuner. Sedang opsi “radio” dijadikan 1 jika tv tuner bisa menangkap sinyal radio.

Fuad The Bordeaux : Wuiih, MASYALLAH berhasil tvtime nya berhasil deteksi /dev/video0.

Aku : Alhamdulillah

Daftar Lengkap “card” yang disupport bttv

http://www.tldp.org/HOWTO/BTTV/cards.html

Daftar lengkap tuner yang disupport bttv

http://www.tldp.org/HOWTO/BTTV/modprobe.html

3 Komentar »

  1. coach said,

    coach handbags

  2. Tv tuner gw rusak bisa di perbaiki ga ya…..

  3. abinusqy said,

    saya punya tvtuner gadmei 218.bisa d konfigurasi d mandriva 2007.1 g ya ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: