Asipola Matematika

<!– @page { size: 21cm 29.7cm; margin: 2cm } P { margin-bottom: 0.21cm } H2 { margin-bottom: 0.21cm } –ASIPOLA lebih dikenal dengan Phoenemann (kode proyek). Phoenemann sendiri kami ambil dari nama seorang guru yang bernama Pak Poniman, sedang nama ASIPOLA diambil dari bahasa Makasar -asikola- yang berarti berhitung.

Versi ASIPOLA yang ada di Lab. Omah TI, pertama sekali dibuat dengan memanfaatkan form Java AWT. Setelah melalui berbagai perbaikan akhirnya ditulis ulang versi barunya dengan memanfaatkan form Java Swing. Meski melaui berbagai kesulitan dalam pengkorvesian, akhirnya program ASIPOLA dapan berjalan dengan baik.

Deskripsi Program

ASIPOLA merupakan suatu aplikasi untuk membantu siswa dalam berlajar, dalam hal ini belajar Matematika. ASIPOLA akan mengeluarkan soal secara random (acak) sesuai tingkatan/kelas siswa. Diharapkan siswa dapat menjawab dengan benar 60% dari soal yang diberikan.

Siswa yang dianggap berhasil akan diperbolehkan untuk naik ke tingkatan/kelas yang lebih tinggi, sedang yang kurang berhasil di haruskan mengulang kembali.ASIPOLA juga akan mencatat score siswa sehingga orang tua siswa dapat memantau perkembangan anaknya.

Tutorial

Cara menjalankan ASIPOLA Matematika

Jika anda menggunakan Linux mungkin anda akan sedikit kesulitan, berikut ini cara menjalankannya :

sedang untuk pengguna Microsoft Windows anda akan dimudahkan dengan windows explorer, cukup dengan meng-click 2 kali file Asipola.jar, secara otomatis interpreter java akan menjalankan ASIPOLA.

Memulai ASIPOLA Matematika

Setelah ASIPOLA berjalan anda akan menjumpai window yang berisi tombol-tombol.

Untuk memulai anda diharuskan membuat user baru dengan meng-click File > User Baru atau bisa juga dengan meng-click toolbar bergambar buku terbuka (user baru). Setelah itu anda harus mengisi baris Nama dan memilih kelas sesuai dengan tingkatan anda. Setelah selesai click ‘OK’

Jika sebelumnya anda telah mengisi data, anda bisa membukanya kembali dengan cara click File > Buka atau dengan meng-click toolbar bergambar folder berwarna biru (buka). Setelah muncul window open, anda tinggal memilih nama yang telah anda buat, lalu click ‘OK’.

Setelah anda membuat data baru ataupun sudah membuka data, anda dapat memulai mengerjakan soal dengan meng-click tombol ‘Tampilkan Soal’. ASIPOLA akan membuat 10 soal untuk setiap level dimana untuk setiap kelas mempunyai 3 level. Anda harus membaca baik-baik petunjuk soal dan pertanyaan soal, jika sudah anda bisa langsung memasukkan jawaban dengan meng-click tombol-tombol yang tersedia, jika sudah yakin click ‘Masukkan Jawaban’ jika tidak anda bisa men-click tombol ‘Clear’ (untuk menghapus jawaban yang tecetak di baris jawaban) lalu masukkan jawaban yang baru.

Setiap selesai mengerjakan 10 soal, anda dapat mencocokkan jawaban dengan kunci yang ada, yaitu dengan meng-click tombol ‘Lihat Kunci’. Setiap selesai 10 soal, ASIPOLA juga akan memberitahukan apakah anda berhak naik ke level selanjutnya atau harus mengulang lagi. Anda akan dianggap lulus jika anda berhasil menjawab 60% soal di level terakhir. Anda dapat menyimpan data kapan pun anda mau, dengan cara meng-click File > Simpan atau dengan mengclick toolbar bergambar disket.

Untuk melihat highscore, click File > Highscore, lalu akan muncul window yang berisi daftar Highscore.

Penjelasan Tentang Cara Menjawab

Untuk soal hitung-hitung anda cukup memasukkan jawaban berupa angka-angka dengan meng-click tombol angka yang tersedia, jika sudah yakin lalu tekan ‘Masukkan Jawaban’.

Untuk soal pertidaksamaan (menentukan bilangan apakah lebih besar, lebih kecil atau sama dengan terhadap bilangan lain) anda cukup meng-click tombol “>” atau “<“ atau “=”, jika sudah yakin click ‘Masukkan Jawaban’

Untuk soal penyerdehanaan bilangan anda harus menuliskannya dalam bentuk pembilang penyebut untuk tanda “/” anda dapat menclick tombol bertuliskan “/”.

Untuk soal menentukan bilangan prima atau bukan anda tinggal meng-click tombol ‘Ya’ atau ‘Bukan’. Jika sudah jangan lupa untuk meng-click tombol ‘Masukkan Jawaban’.

Untuk soal lainnya anda dapat mengikuti seperti cara di atas.

download sourcecode dan program

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: