Mei 30, 2008

Tips Mempercepat Loading Situs

Posted in komputer tagged , , , , pada 2:09 pm oleh fuad

Menurut Yahoo Performance Rules, menempatkan komponen situs pada beberapa domain bisa mempercepat loading. Biasanya hal ini dilakukan dengan menempatkan image/css/javascript pada domain yang berbeda dari domain tempat kode situs. Kalau jeli anda mungkin bisa lihat ketika facebook sedang loading (lihat di kanan bawah browser), selain pesan “transferring from facebook.com” akan ada juga pesan “transferring from static.facebook.com”. Facebook membagi dua request komponen situs, kode situs dari facebook.com dan file-file pelengkap seperti css, javascript, image, di transfer dari static.facebook.com. Kenapa ini bisa terjadi? karena browser-browser modern sekarang ini melakukan download secara multithread, sehingga ketika situs ditempatkan pada domain yang berbeda, browser akan melakukan download dari domain tersebut secara bersamaan.

Beberapa hari lalu, Google mengumumkan inisiatif untuk membantu developer dalam hosting library javascipt seperti Prototype, JQuery, dll lihat di sini. Seperti yang kita tahu library javascript terkenal lumayan besar. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan untuk mendelegasikan request pada Google.

7 Komentar »

  1. t4rum4 said,

    Wew.. Pantesan lama klo cmn atu domain.

  2. Dan terlebih lagi, kalau berbagai macam situs melink ke, misalnya, google.com/prototype.js, maka browser tidak perlu mendownloadnya berulang-ulang saat loading situs-situs yg berbeda tersebut. Cukup download sekali dan sisanya ambil dari cache.

    Tapi mungkin bagi yang paranoid sama privasi akan berpikir dua kali. Masalahnya, Google jadi bisa menjaring banyak informasi dari rikues-rikues tersebut.

  3. fuad said,

    @t4rum4 sebaiknya memang di bagi2 komponen situsnya biar lebih cepat

    @Agro aku sebenarnya cenderung lebih pilih hosting ajax lib sendiri. cuma beberapa “kb” kok

  4. subair said,

    Hmm ada penjelasan teknisnya gak kalo beda domain ngaruh, mungkin yang dimaksud beda domain dan juga hosting/server ya?

    Soalnya kalo satu hosting terus beda domain aja, logikanya sih gak ngaruh soalnya sejak awal file-file tersebut juga sudah beda jadi bisa multithread diambilnya, jadi apa bedanya kalo domain/URL dipindah toh yang melayani juga sama.

  5. fuad said,

    Soalnya browser modern dalam melakukan download dilakukan secara multithread. Ketika misal saya punya dua file yang ada di server a.php dan b.js. Ketika dua file ini diletakkan pada dua file yang sama maka ketika browser mendownload file a.php dulu lalu b.js.

    Tetapi jika a.php dan b.js diletakkan dalam domain yang berbeda, maka browser akan menganggap dua file ini situs yang berbeda, sehingga ketika a.php di download b.js juga akan ikut di di download (mungkin analoginya sama ketika buka dua situs yang berbeda pada browser, dua situs ini akan di download pada waktu yang bersamaan).

    Untuk lebih jelasnya lihat http://developer.yahoo.com/performance/rules.html#split

  6. deforex said,

    ooo begitu… jadi intinya filenya nggak perlu ngantre… alias bisa jalan bareng2 (sambil garuk2 kepala)

  7. anonymous said,

    jadi konsep streaming seperti ini ya…

    makasih atas infonya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: