September 15, 2007

MoslemAssistant

Posted in komputer tagged , , , , pada 7:54 am oleh fuad

Dalam memahami Islam sangat penting dalam mengetahui apakah suatu dalil yang disodorkan sebagai dasar suatu pendapat atau fatwa adalah valid adanya (terdapat dalam kitab-kitab yang menjadi pijakan dalam mengambil dalil). Dalil yang dimaksud adalah Alquran dan Hadis.

Sebenarnya pengecekan ini dapat dilakukan dengan semakin banyaknya Al-Quran dan Kitab hadis yang ada baik dalam bentuk buku fisik ataupun buku elektronik (e-book). Tetapi kitab-kitab yang ada memiliki keterbatasan karena seseorang harus melakukan pencarian manual. misal ketika dalam artikel internet disebutkan (QS Al-Baqarah: 100). Maka untuk mencari harus membuka surah dan ayat yang dimaksud.

MoslemAssistant merupakan proyek layanan yang bisa membantu muslim/muslimah dalam melakukan pengecekan dalil. Dimana untuk melakukan pengecekan cukup dengan memblok/memilih dengan mouse /menghighligt/menghitamkan teks yang akan dicek. Maka akan ditampilkan dalil yang bersangkutan. Misalnya untuk contoh (QS Al-Baqarah:100) anda cukup memilih memblok/memilih dengan mouse /menghighligt/menghitamkan teks “QS Al-Baqarah:100” tanpa tanda kurung maka MoslemAssistant akan menampilkan isi ayat tersebut.

Selain itu MoslemAssistant juga bisa melakukan pengecekan balik (pencarian ayat) dengan memilih suatu teks maka MoslemAssistant akan mencari ayat AlQuran dan Hadis yang dimaksud. Dengan menampilkan tiga ayat Quran/Hadist yang relevan.

Misal

Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (QS. Adz-Dzariyaat: 56)

Anda ingin mengecek pada surah berapakah kalimat “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.”. Untuk itu anda cukup memblok/memilih dengan mouse /menghighligt/menghitamkan kalimat “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”. maka MoslemAssistant akan menampilkan tiga ayat Quran/Hadist yang relevan.

Untuk demo anda bisa mengunjungi http://kleq.web.ugm.ac.id/2007/09/15/moslemassistant/

Untuk menggunakannya pada website lain lihat keterangan pada http://kleq.web.ugm.ac.id/2007/09/15/moslemassistant/

pengguna MoslemAssistant disarankan menggunakan browser Mozilla Firefox.

Catatan:

1. Saat ini MoslemAssistant masih dalam tahap pengembangan (versi beta) sehingga kitab yang disediakan baru Al-Quran, untuk kedepannya akan dimasukkan kitab hadis seperti Shahih Muslim, Shahih Bukhari, dll.

2. Terdapat masalah dalam menampilkan huruf arab.

3. Jika huruf arab tampil dalam bentuk karakter aneh maka anda harus mengaktifkan encoding utf-8 pada browser, pada Mozilla Firefox klik menu View>Character Encoding>Unicode (UTF -8)

Untuk masukan silahkan berkomentar pada artikel ini atau email ke fuad1986@gmail.com

2 Komentar »

  1. Luzzi said,

    woaa.. fuad.. kok themenya sama? :p
    sekarang dah di mana?

  2. falah said,

    wah, ngeblog…
    bid`ah, lho…
    hehehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: