Agustus 6, 2007

Dua Bulan bersama Google Summer Of Code

Posted in Java, komputer pada 11:12 am oleh fuad

Tidak terasa dua bulan sudah saya menjalani Google Summer Of Code . Progress program nya sih alhamdulillah memenuhi target. Sekarang plugin JoomlaEclipse yang saya buat sudah mendukung pengembangan modul, pengembangan komponen, dan WYSIWYG Editor.

Untuk fitur pengembangan modul joomla selain  wizard, code assistant, dan testing dengan menampilkan modul pada browser (lihat postingan saya sebelumnya), saya menambahkan menu untuk mengekspor modul ke file terkompress(*.zip) yang siap untuk diinstall pada Joomla!. Untuk fitur testing, login akan otomatis dilakukan pada pengguna admin. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya data yang hanya terlihat ketika pengguna telah login. Pada pengembangan modul (wizard project) Joomla, plugin tidak membedakan antara site modul dan administrator modul. Hal yang membedakan adalah ketika melakukan testing (run), dimana pengguna bisa memilih akan menjalankan modul ini sebagai site module atau administrator modul. Saat menjalankan modul pada mode site module. Modul akan otomatis ditempatkan pada bagian kiri Joomla!. Sedang jika melakukan pengetesan administrator modul, modul akan otomatis ditempatkan pada cpanel.

Untuk pengembangan komponen plugin JEclipse memiliki fitur wizard, code assistant, run (testing pada browser), auto generate file deskriptor komponen, menu ekspor ke file terkompresi (*.zip), wizard untuk file model, controller, dan view.

WYSIWYG Editor merupakan editor file html yang mirip dengan editor pada DreamWeaver, atau editor konten pada cms WordPress. Saya menggunakan kata mirip karena editor ini tentu saja memiliki fitur yang kalah jauh.

Rencana saya selanjutnya adalah memperbaiki code assistant dan builder proyek. Saya memiliki cita-cita J!Code dan plugin yang saya buat bisa menambah produktivitas pengembang Joomla! (insyaallah)

NB: Saat ini belum ada file yang dirilis baru repository svn pada http://joomlacode.org/gf/project/soc2007/scmsvn/

2 Komentar »

  1. SeaGate said,

    Western Unionnya dah dikirim belum? Yang dulu jadi laptop baru 10% ya? Makan2 ^-^

  2. fuad said,

    Y terakhir belum, Wah agak susah juga makan2 nya soalnya saya sekarang di Makassar


Tinggalkan Balasan

