Februari 26, 2007

Spring…Mule….Spring…Mule

Posted in Java, Kehidupanku pada 10:20 am oleh fuad

Spring..Mule..Spring..Mule sudah beberapa hari pikiranku disibukkan dengan dua kata ini. Sebagai pengangguran pasca pendadaran saya dengan teman senasib berencana develop “something” untuk membantu pengembangan aplikasi menggunakan dua framework ini. Dan yang gila kita sama sekali belum pernah bersentuhan dengan yang namanya Mule dan punya sangat sedikit pengalaman dengan Spring.

Secara sederhana spring adalah framework pada Java yang memudahkan dalam pembangunan aplikasi dan penggantian teknologi yang dipake (Mohon koreksi dari pakar jika salah :) ). Sedang Mule adalah implementasi ESB (Entreprise Service Bus) yang memudahkan dalam integrasi aplikasi. Teknologi mule ini sangat hebat karena bisa berkomunikasi dengan bermacam macam protokol smtp, pop3, http, dan vm (internal virtual machine). Dengan mule komponen komponen yang dimanage nya bisa dipindah pindah dengan bebas, tinggal mengubah istilah nya “endpoint”  jadi kalau misal di awal aplikasi hanya akan ditempatkan dalam satu komputer maka bisa digunakan endpoint vm:// dan jika misal dipindah pada suatu server yang menyediakan protokol http:// tinggal diubah konfigurasi nya, tanpa sedikitpun menggant kode dan servise akan tetap bisa digunakan. Maaf kalau penjelasan nya kurang tepat dan berbelat belit maklum baru belajar.

Rencananya beberapa hari ke depan insyaallah mo bikin aplikasi sederhana dengan Mule, tampak nya learning curve (waktu belajar) nya bakal lama nih, fuiiih. Tapi harus tetap sabar dan semangat, kalau kita istiqamah insyaallah hasilnya akan baik, asal dengan niat baik dan ikhlas serta dengan cara yang ma’ruf tentunya. Sesungguhnya dalam kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya dalam kesulitan ada kemudahan. Tugas manusia kan cuma berniat dan berusaha, hasilnya serahkan pada ALLAH swt kalau toh gagal saya yakin itu lah yang terbaik.Boleh jadi engkau menyukai sesuatu padahal itu buruk bagimu dan boleh jadi engkau membenci sesuatu padahal itu baik bagimu, ALLAH yang mengetahui apa yang terbaik untuk makhluknya.

3 Komentar »

  1. ###————-. Tapi harus tetap sabar dan semangat, kalau kita istiqamah insyaallah hasilnya akan baik, asal dengan niat baik dan ikhlas serta dengan cara yang ma’ruf tentunya. Sesungguhnya dalam kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya dalam kesulitan ada kemudahan. Tugas manusia kan cuma berniat dan berusaha, hasilnya serahkan pada ALLAH swt kalau toh gagal saya yakin itu lah yang terbaik.Boleh jadi engkau menyukai sesuatu padahal itu buruk bagimu dan boleh jadi engkau membenci sesuatu padahal itu baik bagimu, ALLAH yang mengetahui apa yang terbaik untuk makhluknya………………….###

    Ayo ngejar Deadline ! ora keganggu, karo kucing piaraan baru karima tho? tadi pagi kucingnya mati satu, yang punya nangis, klo ane siih agak jijik. tahu ga matinya kenapa? kayak kecikik lehernya, di tempat antum ada kucing lainnya ga seeh ? atau jangan2 cakaran kucingnya, kucing karima masih kecil klo diajak cakar cakaran yo ga kuat. Agh ngenes tenan nasibbe kucinge adekku kosku mau..

  2. fuad said,

    Kalo di kos memang kadang ada kucing liar berkeliaran tp ga tau punya siapa. Turut berduka cita aja lah.

  3. Gimana khabarnya dengna MUle ESB, sekarang jg saya sedang explore.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: