September 16, 2006

Tutorial RPM

Posted in komputer, Linux pada 4:14 am oleh fuad

Rpm adalah salah satu software manager di Linux yang bertugas mengatur program, dengan Rpm(distro yang menggunakan antara lain Redhat, Fedora, Mandriva, dan Suse) akan mudah bagi seorang pengguna linux untuk menginstall, mengupdate, dan menghapus program di Linux. Selain Rpm ada beberapa varian software manager lain yang juga terkenal seperti dpkg(distro yang menggunakan antara lain Debian, Ubuntu, Kubuntu)
Untuk menginstall program pada distro yang berbasis Rpm anda membutuhkan file yang berekstensi *.rpm (untuk menginstall program pada distro yang menggunakan dpkg dibutuhkan file berekstensi *.deb) misal anda ingin menginstall file powermanga-0.80-1.fc5.i386.rpm. maka perintah yang harus anda ketikkan adalah “rpm -ivh powermanga-0.80-1.fc5.i386.rpm”. pada user root. Untuk melihat semua software yang telah terinstall pada komputer anda gunakan perintah “rpm -qa”. Jika anda ingin mengetahui apakah suatu software tertentu telah terinstall atau tidak gunakan perintah “rpm -qa | grep <nama program>”, misal untuk mengetahui apakah software powermanga telah terinstall dengan benar maka gunakan “rpm -qa | grep powermanga”. Untuk menghapus program gunakan perintah “rpm -e <nama program>”, jika ingin menghapus powermanga maka perintahnya menjadi “rpm -e powermanga”.

Selanjutnya dengan rpm anda juga bisa mengetahui program apa saja pada yang dependencynya(software yang dibutuhkan oleh software yang lain) kurang. Hal ini terjadi jika saat anda menginstall program anda menggunakan opsi “–nodeps” yang mengakibatkan rpm tidak akan mengecek dependency dari software yang akan diinstall. Untuk mengatasi ini gunakan perintah “rpm -Va –nofiles”. Perintah ini akan mencetak ke layar software yang dependencynya kurang dan software software apa saja yang ia butuhkan.

Kadang kadang seorang pengguna Linux terutama seorang programmer/developer saat menginstall distro tertentu, memilih untuk menginstall semua library(pustaka) yang disediakan. Padahal tidak semua library ini dibutuhkan, untuk mengetahui library mana saja yang tidak dibutuhkan saya punya programnya. Prinsipnya sederhana, cuman mengecek setiap program yang ada pada database Rpm lalu akan mengecek apakah software ini butuh library atau tidak.

download kode dumplibraray.c , untuk menggunakannya kompile terlebih dahulu dengan perintah
[fuad@fuad cpp]$ gcc dumplibrary.c -lrpm -o dumplibrary.exe
perintah di atas akan mengasilkan file “dumplibaray.exe”, untuk menjalankanyya ketikkan
[fuad@fuad cpp]$ ./dumplibrary.exe

1 Komentar »

  1. Budi Mulyana said,

    Masih kurang jelas Tutorial RPM nya……..tolong di tambahin lagi…tutorialnya…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: