Agustus 26, 2006

KKN, Tempat Perbaikan diri dan Investasi Amal Jariyah

Posted in Kehidupanku, komputer pada 10:02 am oleh fuad

Dalam dua bulan ini saya menjalani KKN, salah satu mata kuliah wajib yang harus dijalani di kampus. Dari 6 semester kuliahku mungkin ini mata kuliah terpanjang yang harus kujalani, biasanya mata kuliah lain cuma 3 jam an perminggu yang ini tiap hari harus datang, berangkat jam 08.00 pagi pulang jam 06.00 sore sungguh melelahkan. Tapi ambil sisi positifnya aja mana ada mata kuliah yang saat kuliah bisa sambil chatting, ketawa ketawa, makan, dan yang paling penting bisa sambil ngenet. Jadinya KKN yang tadinya Kuliah Kerja Nyata sekarang jadi Kuliah Kerja Ngenet/Ngobrol. :)

KKN yang kujalani adalah KKN tematik, karena tematik jadi tim KKN sudah menentukan sendiri tema/program apa yang harus dilakukan. Beda dengan KKN konvensional yang programnya itu ditentukan saat runtime. Keuntungan KKN model ini dari jauh jauh hari kita bisa melakukan persiapan karena kita sudah punya bayangan tentang apa yang akan kita lakukan, jadi tidak bakal terjadi hal yang bertepuk sebelah tangan kita maunya seperti ini eh di lapangan ternyata seperti itu.

Program KKN yang kujalani adalah pembuatan program komputer, framework data centre(http://www.lapis.web.id), menggunakan Cakephp. Selama dua bulan tidak penuh 8 jam senin sampai sabtu kuisi dengan menulis program komputer, apalagi bagian program yang kubuat cukup berat, membuat core framework. Kadang memang sangat membosankan tapi dengan semangat tauhid Lailahaillallah Tiada Ilah selain ALLAH SWT, Alhamdulillah programnya selesai juga dengan sangat banyak kekurangan.

Tim kkn menamai framework data centre itu LAPIS(Lightweight Adjustable Portable Information System) nama yang terlalu keren menurut ku. Sebenarnya saya kurang setuju waktu nama ini dipilih tapi berhubung ini sudah jadi keputusan forum(waktu voting nama ini yang menang) jadi mau tidak mau harus kuterima. Saya lebih setuju dengan nama nama kandidat lain seperti Pakis(Pakis A Kind Of Information System) atau Jatinom (Just Another Information System) nama salah satu daerah di Jawa Tengah. Kesannnya lebih sederhana tidak mencolok kayak LAPIS, apalagi framework kami itu kurang memenuhi syarat menjadi sistem informasi yang “Lightweight“, “Adjustable”, dan “Portable”. Tapi lupakan saja namanya yang penting saya berharap program yang kami hasilkan ini bakal bermanfaat bagi masyarakat, jadi bisa menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus bagi saya dan bagi muslim/muslimah teman teman KKN yang lain.
Dari KKN ini wawasan saya juga makin luas, saya bisa belajar menempatkan diri, bergaul dengan orang yang memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda beda, Saya bisa melihat bagaimana sebenarnya keadaan ketika nantinya saya lulus dan harus terjun mengaplikasikan ilmu saya ke masyarakat atau istilah kerennya melaksanakan salah satu tujuan penciptaan manusia menjadi khalifah di Bumi. Dari KKn saya juga bisa bercermin bagaimana sebenarnya kualitas Akhlak saya (istilah baratnya Emotional Quotient), untuk hal ini saya menggunakan metode Reinforcement Learning, pertama tama saya akan melakukan perbuatan atau berkata hal tertentu jika ternyata feedback/reward/hasil dari apa yang saya lakukan ini positif maka akan saya akan memasukannya ke variabel List(daftar) perbuatan yang disukai orang tapi jika sebaliknya akan saya masukkan ke variabel List perbuatan negatif yang tidak disukai orang. Variabel variabel di atas lalu akan dibandingkan dengan buku “Life for dummies” alias manual hidup manusia, AlQuranul Karim dan Sunnah. Untuk semua nilai dalam List perbuatan yang disukai orang akan saya bandingkan dengan dua referensi di atas jika perbuatannya bertentangan maka akan dibuang. demikian juga dengan nilai nilai dalam variabel List perbuatan negatif yang tidak disukai orang jika ada perbuatan yang sebenarnya dianjurkan oleh AlQuran dan Sunnah tapi ada dalam List ini, maka akan saya masukkan lagi dalam List(daftar) perbuatan yang disukai orang dan dibuang dari list ini.

Ada perbuatan yang menurutmu baik tapi sebenarnya buruk bagimu dan ada perbuatan yang menurutmu buruk tapi sebenarnya baik bagimu, hanya Pencipta Manusia ALLAH SWT yang tau apa yang terbaik buat makhluk ciptaannnya.

Tinggalkan Balasan

