Mei 16, 2006

Jadi Astronom Tanpa Teleskop

Posted in komputer, Linux pada 10:29 am oleh fuad

Jadi Astronom tanpa teleskop Bisa ndak yaaa, bisa pake Kstar nya KDE, bisa liat liat bintang, planet, ngukur jarak tahun cahaya antar planet atau bintang , dan banyak perhitungan perhitungan lain yang saya nggak ngerti(bukan astronom soalnya).jadi yang cita cita jadi Neil Armstrong, Yuri Gagarin, Bruce Wiliis di armageddon tapi ndak kesampaian bisa make ini

Untuk bisa make KStars ini harus milih dulu kita akan make stasiun yang mana, pilihan stasiunnya sangat sangat lengkap mulai dari stasiun di Amerika sampai stasiun jatiluhurnya Indonesia di Bandung juga ada(keren kan), nah setelah itu kita bisa liat bintang dari perspektifnya teleskop stasiun yang kita pilih. trus ada fitur konek ke ‘real’teleskop, jadi kalo kita punya teleskop bisa disambungin langsung ke Kstars. Ada juga fitur navigasi otomatis, untuk pake yang ini tinggal pilih objek yang pengen kita liat misal pengen liat andromeda tinggal pilih Andromeda nanti layarnya akan bergerak langsung ke galaksi Andromeda.

Tapi kelemahannya ada juga sih, gambarnya belum terlalu bagus dan fasilitas zoomingnya masih payah tapi lumayanlah untuk komputer kelas low-end. Tapi karena ini proyek open source kita bisa liat sourcenya trus bisa dikembangin sama sama, kalau blum bisa kontribusi kode, bisa kontribusi laporan bug aja, atw request fitur juga bisa, pokoknya hidup open source lah.

2 Komentar »

  1. Aziz said,

    Ini gue lagi ni. Wa, kamu promosiiin Linux and open source banget. Kaya’nya Google juga udah buat Google Earth deh (ga tau fungsinya sama ato ga, soalnya ga pernah make)

  2. wilbur said,

    very insightful read, thankyou.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: