Mei 9, 2006

Port nefprox ke Java

Posted in Java, komputer pada 9:56 am oleh fuad

Beberapa bulan yang lalu saya berhasil memport nfident, nefprox(algoritma neurofuzzy) yang diimplementasikan dengan C ke bahasa favoritku Java. Sebenarnya proyek pribadiku ini hampir ku tunda atau bahkan batal, akibat satu dan lain hal. Tapi karena saya pindah kos dari kos-kosan keluarga dengan fasilitas lengkap ke kos yang sekarang, saya jadi kehilangan tv. Hilangnya tv ini membuat saya tidak memiliki pengisi waktu lagi sepulang kuliah, jadi terpaksalah saya melanjutkan proyek porting ini.
Sebenarnya proyek ini hanya memport nfident bagian nefprox saja tidak keseluruhan kode nfident soalnya terlalu panjang dan sangat sangat rumit , jadi proyek ini lebih tepat jika dikatakan implementasi Nefprox pada Java dengan meniru nfident.

Hasil porting nefprox saya beri lisensi GPL, nah tentang lisensi ini juga saya sempat bingung apakah software yang diporting dari GPL licensed harus GPL juga. Setelah mencari, browsing, surfing, dll ternyata tentang porting ini tidak disebutkan dalam draft GPL. Jadi kesimpulannya saya bisa melisensikan software saya itu dengan lisensi apa saja. Awalnya mo komersil, trus turun ke LGPL.

Setelah sempat didistribusikan ke seorang teman, saya jadi tidak enak soal lisensi tadi. Masak iya software yang telah susah susah dibuat algoritmanya dibuat setengah mati, eh setelah diporting bahkan ucapan terima kasihpun tidak diberikan. Jadi saya melakukan ijtihad akhirnya software hasil prting tadi kubuat jadi GPL. Kalau pingin liat liat software hasil portingku ini, bisa email ke fuadkiki@yahoo.com, soalnya belum ku upload. Tapi mungkin beberapa hari lagi akan ku taruh ke kleq.web.ugm.ac.id di menu download. Kode itu sudah beberapa kali mengalami refactoring(mengubah kode tanpa mempengaruhi interfacenya dengan dunia luar) sekarang sudah lebih terstruktur dan sudah ada dokumentasinya. Sekarang saya lagi berencana membuat GUI intefacenya sekarang sudah jadi 10%, kalu yang ini niru <strong>nefclassj</strong> saya menamakannya JNefprox. Tapi kayaknya bakal ditunda lagi pengambangannnya soalnya sibuk. kalo ada yang mo bantu silahkan

Untuk Source code dan program bisa download di kleq.web.ugm.ac.id

4 Komentar »

  1. Aziz Perdana said,

    Hmm.. blogmu bagus, tapi cuman untuk anak-anak computer science ni?Aku beri komentar di webku.

  2. lukman said,

    Slm kenal..

  3. lukman said,

    Yg aq tau NEFPROX itu kan nama slah satu algotitma di AI (soft computing).
    kbetulan aku ada tgs kul AI, srh buat aplikasi y mnggunakan AI.
    Nah aq tertrik dgn y namanya Nefprox
    Km bs ngasih aku referensi2 ttg algoritma nefprox gk?
    Aq gk tau algoritma learningnya nih…
    plis ya…
    Aq mahasiswa informatika di Bdg

  4. fuad said,

    Untuk referensi http://fuzzy.cs.uni-magdeburg.de/nefprox/
    Library yang saya buat http://kleq.web.ugm.ac.id/?page_id=9


Tinggalkan Balasan

